Sarapan di sawah ala Umasari Rice Terrace Villa

Pesona Bali memang anti bosan. Selama ini selalu stay di kawasan Ubud kalau sedang traveling ke Pulau Dewata. Ubud yang memang terkenal asri dan adem ini punya tempat tersendiri di hati hayati. Yang ngeledekin ‘Belum ke Bali, kalau nggak ke pantai‘ kudu dan wajib menginjakkan kaki di Ubud dan merasakan jatuh hati sendiri dengan suasananya.

Cuti kemarin, kami memang merencanakan untuk keliling dan tidak menginap hanya di satu kawasan. Hari terakhir, kamu memutuskan untuk stay di Tabanan. Setelah cek-cek OTA, lalu jatuh hati dengan Umasari Rice Terrace Villa. Sesuai dengan namanya, villa ini dikelilingi sawah. Asik banget, kan? Yuk, lihat lebih dekat seperti apa dalamnya.

Kamar dengan Gaya Tradisional

Review Hotel, Umasari Rice Terrace Villa, Suite room
Review Hotel, Umasari Rice Terrace Villa, Suite room

Umasari Rice Terrace Villa akan memanjakanmu dengan suasana khas pedesaan Bali. Hanya ada sedikit kamar dengan tema Joglo, Balinese, dan Suite room. Semua kamar memiliki teras sendiri, lengkap dengan meja kursi untuk bersantai.

Balinese Room di Umasari Rice Terrace Villa

Review Hotel, Umasari Rice Terrace Villa, Tabanan Bali, Kamar Balinese
Review Hotel, Umasari Rice Terrace Villa, Tabanan Bali, Kamar Balinese

Saya menempati kamar yang bergaya Bali. Dari ukiran di pintunya, langsung terasa cita rasa Balinya. Kamarnya tidak terlalu luas, namun masih nyaman. Ada teras luas untuk duduk bersantai menikmati suasana sekitar. Dapur berada di depan kamar kami. Ini memudahkan jika ingin memesan kopi atau teh.

Best Bed Ever at Umasari Rice Terrace Villa

Review Hotel, Umasari Rice Terrace Villa, Tabanan Bali, kondisi kamar
Review Hotel, Umasari Rice Terrace Villa, Tabanan Bali, kondisi kamar

Meski kamarnya nggak terlalu luas, tempat tidur yang disediakan Umasari ini super duper nyaman. Sekali nempel, langsung merem. Ada empat bantal yang empuk dan langsung mengundang untuk merem. Ada dua lampu tidur di sisi kanan dan kiri kasur. Kamar ini sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan yang dinginnya pas.

Kamar Mandi Outdoor yang Asri di Umasari

Review Hotel, Umasari Rice Terrace Villa, Tabanan Bali, Kamar mandi
Review Hotel, Umasari Rice Terrace Villa, Tabanan Bali, Kamar mandi

Hotel-hotel di Bali memang paling ajaib dalam penyuguhan desain kamar mandi. Meski ruangannya terbatas, Umasari berhasil mendesain kamar mandi cantik. Ada sink bergaya vintage, toilet, lalu sebelahnya shower. Samping shower ada lahan sedikit untuk tanaman. Untuk yang nggak biasa mandi di ruang terbuka, desain ini cocok. Masih bisa mandi dengan tenang, tapi tetap bisa menikmati langit dan akses tanaman.

Wastafel Vintage di Umasari Rice Terrace Villa

Review Hotel, Umasari Rice Terrace Villa, Tabanan Bali, Sink
Review Hotel, Umasari Rice Terrace Villa, Tabanan Bali, Sink

Lucu banget ya wastafelnya? Umasari, hotel di Tabanan ini menyediakan sikat dan pasta gigi. Sabun dan shampoonya sudah disediakan botolan. Waktu cek-cek, disediakan obat untuk nyamuk juga. Langsung parno, “Wah, bakalan banyak nyamuk, nih”. Eh, ternyata nggak ada, kok. Ada pintu tengah yang menghubungkan kamar dan kamar mandi. Kamu bisa menutupnya, apalagi saat menyalakan pendingin ruangan.

Pintu-pintu Cantik di Umasari

Review Hotel, Umasari Rice Terrace Villa, Tabanan Bali, pintu-pintu
Review Hotel, Umasari Rice Terrace Villa, Tabanan Bali, pintu-pintu

Umasari ada di satu kawasan di mana kamar-kamarnya berpencar. Ada pintu-pintu lucu yang bisa dilewati sambil selfie. Hehehe.

Kolam Renang Umasari yang Menggoda

Review Hotel, Umasari Rice Terrace Villa, kolam renang
Review Hotel, Umasari Rice Terrace Villa, kolam renang

Meski hanya punya sedikit kamar, Umasari Rice Terrace Villa di Tabanan ini fasilitasnya oke punya, lho. Ada kolam renang di area depan yang langsung menghadap sawah-sawah. Di sisi lainnya juga disediakan kolam untuk anak-anak dengan kedalaman yang rendah. Suasananya tenang banget. Adem dan cocok untuk menyepi.

Sarapan Outdoor ala Umasari Rice Terrace Villa

Review Hotel, Umasari Rice Terrace Villa, breakfast
Review Hotel, Umasari Rice Terrace Villa, breakfast

Selain pemandangan yang Subhanallah indah, paling berkesan selama menginap di Umasari adalah sarapannya. Kamu bisa memesan breakfast dan diantar ke teras kamar, atau mau coba di luar ruangan seperti ini. Tentu saja saya mencoba breakfast outdoor.

Umasari Suguhkan Makanan dengan Rasa Surgawi

Review Hotel, Umasari Rice Terrace Villa, sarapan di depan sawah
Review Hotel, Umasari Rice Terrace Villa, sarapan di depan sawah

Ada beberapa menu yang bisa dipilih. Disediakan Western breakfast, yaitu pancake dengan omelete. Atau sarapan dengan menu tradisional Bali. Kami mencoba pancake pisang dan bubur ayam khas Bali. Semuanya super enak dan kenyang banget. Sarapan bisa disiapkan sesuai dengan jam yang kamu mau, lho. Enak, kan. Jadi nggak perlu harus bangun pagi.

Pemandangan Saat Sarapan di Umasari Rice Terrace Villa

Review Hotel, Umasari Rice Terrace Villa, pemandangan saat sarapan
Review Hotel, Umasari Rice Terrace Villa, pemandangan saat sarapan

Pernah membayangkan sarapan di depan sawah? Ternyata sangat menyenangkan. Mata dan pikiran langsung sejuk disodori panorama hijau-hijau seperti ini. Kali ini, coffee morning saya sungguh istimewa. Serunya lagi, hotel di Tabanan Bali harganya masih manusiawi, lho.

Umasari Rice Terrace Villa
Lokasi: Dusun Umabian, Desa Peken Kecamatan Marga, Peken, Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali

Harga: around 400 K untuk Balinese Room + breakfast

Kelebihan:

  • Pemandangannya super indah
  • Kasur empuk dan kamar yang nyaman
  • Makanannya sangat enak dan sudah termasuk dari sewa kamar
  • Suasana tenang dan damai
  • Bisa jalan-jalan ke sawah di depan villa
  • Pelayanan sangat ramah dan membantu
  • Harga relatif murah dengan pelayanan dan fasilitas, serta view yang disuguhkan
  • Kamar dilengkapi dengan televisi dan kulkas

Kekurangan:

  • Balinese Room cenderung sempit
  • Lokasi sangat jauh masuk ke pedesaan. Bagi yang tidak membawa kendaraan pribadi, mungkin akan kesusahan.

Seperti yang terlihat, lebih banyak okenya daripada nggak okenya. Kalau ditanya, “Mau nginep lagi di Umasari Rice Terrace Villa?”

Jawabannya: MAAAAUUUUUUUU!!!!

Nah, sekian review saya tentang Umasari Rice Terrace Villa, salah satu hotel di Tabanan, Bali. Karena ini, saya langsung jatuh cinta dengan Tabanan. Meski nggak akan bosan dengan Ubud, saya pasti akan meluangkan waktu untuk stay di Tabanan, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *