Kota Lama Semarang, Spot Sepeda

SEMARAAAAAANG!

Apa sih yang terlewat di pikiran saat mendengar kata ‘Semarang’? Lumpia? Bandeng Presto? Yah, itu juga lewat di kepala saya. Namun, yang ikonik dari kota Semarang selain makanan enaknya adalah KOTA LAMA. Kawasan yang berada di Jl. Let Jen Soeprapto ini sudah menjadi pusat perdagangan pada abad 19-20. Dulunya, jalan ini dikenal dengan nama Heeren Straat. 

Kawasan ini juga disebut sebagai ‘Little Netherland’ karena terlihat berbeda dari lingkungan sekitarnya. Apa lagi kalau bukan sederetan bangunan klasik yang cantik. Ini jelas wajib masuk daftar destinasimu saat berkunjung ke Semarang. Siapkan kamera dan pakain terbaikmu, karena di sini adalah surganya spot instagenic bagi para pecinta foto (sayaaaa!).

1. Seakan Kembali ke Jaman Belanda

Suasana di Kota Lama Semarang
Suasana di Kota Lama Semarang

Saat masuk ke kawasan Kota Lama Semarang, saya seakan diajak kembali melintasi ruang dan waktu. Melihat sekeliling, hanya ada bangunan tua namun memesona dengan gayanya yang khas. Sebagian besar bangunan terlihat mengusung gaya Belanda yang kental. Kini, gedung-gedung tua ini dimanfaatkan untuk bank hingga cafe, lho.

2. Ramah untuk Pejalan Kaki

Kota Lama Semarang
Kota Lama Semarang

Parkir kendaraanmu dan keliling Kota Lama Semarang dengan jalan kaki adalah hal yang paling benar. Kesalahan saya adalah datang dengan sandal berhak, sehingga di tengah perjalanan harus kesakitan. Kawasan ini dibuat ramah untuk para pejalan kaki. Trotoar di samping gedung sangat lebar dan cantik. Saya beruntung bisa melihat sendiri para pelukis jalanan mewarnai bola-bola cantik ini.

3. Siang Hari adalah Waktu yang Pas

Kota Lama Semarang, Spiegel Bar
Kota Lama Semarang, Spiegel Bar

Sayang banget kalau berkunjung ke Kota Lama Semarang tanpa foto-foto. Di sini surganya spot instagenic dan tersebar di setiap sudut, di sepanjang jalan. Pintu cafe saja bisa jadi latar belakangmu yang super keren. Sudah mirip seperti di luar negeri, belum? Kalau memang bernarsis ria jadi tujuan, datanglah di pagi hingga siang saat hari masih terang. Demi hasil foto yang haqiqi, ya.

4. Manfaatkan Orang Sekitar

Kota Lama Semarang, Spiegel Bar and Resto
Kota Lama Semarang, Spiegel Bar and Resto

Kebetulan saya ke Semarang bareng salah satu sahabat, Cece. Nah, bisa gantian fotoin kalau sedang ada spot menarik yang mengundang untuk berpose. Tapii, jadi ribet kalau lagi ingin foto berdua. Jangan sedih, ada trik mudahnya. Saya sempat meminta tolong pasangan yang juga sedang jalan-jalan berdua untuk fotoin kami. Gantinya, saya akan fotoin mereka. Pengen juga kan pacaran ada yang motoin? heheh

5. Properti Cantik di Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang, Spot Sepeda
Kota Lama Semarang, Spot Sepeda

Nggak hanya bangunan klasik, ada banyak properti cantik yang disediakan untuk menunjang kegiatan narsis kita di Kota Lama Semarang. Salah satu contohnya adalah sepeda dengan bunga-bunga ini. Cukup bayar seikhlasnya dan masukkan di kotak yang disediakan. Lihaaat, bersih banget ya kawasan ini. Jadi, pastikan kita semua tetap menjaga kebersihan sekitar, ya.

6. Gereja Blenduk yang Eksotis

Kota Lama Semarang, Gereja Blenduk
Kota Lama Semarang, Gereja Blenduk

Bangunan yang wajib dilihat dari dekat adalah Gereja Blenduk. Ini merupakan gereja tertua di Jawa Tengah yang sudah berdiri sejak tahun 1753. Bangunannya berbentuk segi delapan, yang membuat gereja ini indah dilihat dari sisi mana pun.

7. Spot Hits di Instagram

Kota Lama Semarang, Akar
Kota Lama Semarang, Akar

Sebelum ke Semarang, Cece niat banget browsing tentang apa saja yang ada di Kota Lama. Salah satu yang paling hits ini adalah rumah lawas dengan pintu dan jendela tua. Makin instagenic karena dindingnya ditumbuhi akar raksasa yang menunjukkan betapa tua umurnya. Spot ini tak jauh dari Gereja Blenduk. Kalau kebingungan, kamu hanya perlu tanya pada petugas.

8. Pasar Barang Klasik untuk Oleh-oleh

Kota Lama Semarang, toko barang lawas
Kota Lama Semarang, toko barang lawas

Pantang pulang sebelum habis semua uang!! Haha, kidding! Bagi pecinta aksesoris dan barang vintage wajib mampir ke Pasar Klithikan Kota Lama Semarang. Dari uang lama, mesin ketik dan telepon jadul, hingga piring antik pun ada. Hati-hati khilaf, ya.

Semarang memang lebih panas dari Malang. Tapi, ada banyak pesona di kota ini yang bikin rindu untuk kembali. Apalagi belum sempat ke tempat lain, seperti Bandungan dan sekitarnya. Kamu pernah ke Semarang? Bagi-bagi ceritanya, yuk.

3 thoughts on “Kota Lama Semarang, Spot Wajib Kunjung dengan Segala Pesona Klasiknya”

  1. Kota Lama Semarang emang wajib banget dikunjungi pas lagi ke Semarang. Spot fotonya itu lho banyak bangettt. Cuman kalo siang panasnya kadang nggak nyante aja hehe

    1. Beneeeer, Kota Lama emang wajib. Cuma agak susah foto, karena nggak pernah sepi. Jadi pengen balik Semarang dan ke Kota lama subuh-subuh. Biar agak sepian.
      Sekalian eksplor Bandungannya, kemaren belum sempet. Ada rekomendasi ke mana lagi kalau Semarang-an?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *