Bata Merah Villa Batu

Setelah sebulan belakangan hectic banget dengan kerjaan kantor dan acara keluarga, akhirnya dengan khidmat saya meluangkan waktu untuk menulis postingan selanjutnya di blog melisalalala.com

Alhamdulillah banget dapat rejeki pekerjaan di Malang. Mau pulang ke rumah cuma butuh dua jam naik bis patas. Ongkosnya pun nggak sampai lima puluh ribu. Pengin refreshing lihat yang hijau-hijau, bisa langsung naik ke Batu. Nggak perlu naik pesawat dulu. Alhamdulillah, ya.

Beberapa waktu lalu, memutuskan menghabiskan weekend dengan jauh-jauh dari laptop dan menikmati staycation. Pilihan saya jatuh pada Bata Merah Villa and Tent di Batu. Sudah lama melirik akomodasi yang satu ini. Dari foto terlihat dikelilingi sekitar yang hijau dan pemandangan gunung. Terpenting, harganya masih ramah di kantong. Lalu, apakah aslinya sekeren di foto-foto itu? Yuk, lihat lebih dekat.

Bata Merah Villa and Tent

Bata Merah Villa and Tent Batu
Bata Merah Villa and Tent Batu

Hal pertama yang menarik dari Bata Merah Villa and Tent ini karena bangunannya yang dari kayu dan bata. Rasanya langsung kembali ke alam. Belum lagi beberapa fotonya menunjukkan bahwa pemandangan sekitar akomodasi ini masih hijau-hijau. Pas banget untuk saya yang sedang ingin menyegarkan mata dan pikiran setelah disibukkan dengan laptop, laptop, dan laptop lagi.

Bata Merah Villa and Tent ini menyediakan tiga jenis kamar. Di antaranya Rumah Bata, Rumah Kayu, dan Rumah Tenda. Harganya sama semua, yaitu kisaran Rp300.000 per malamnya. Nah, yang jadi pertimbangan adalah model kamar saja.

Dinding di Rumah Bata, Batu
Dinding di Rumah Bata, Batu

Rumah Kayu, Kamar Pilihan di Bata Merah Villa and Tent

Kamar Bata di Rumah Bata Merah
Kamar Bata di Rumah Bata Merah

Saya memesan lewat online dan memilih Rumah Kayu. Namun, karena tempat ini sedang sepi, stafnya berbaik hati mengantar saya yang ingin keliling dan melihat bentuk kamar yang lainnya. Rumah Bata berlokasi di bangunan sebelah Rumah Kayu. Beberapa kamarnya berada di lantai dua dan seperti ruangan homestay pada umumnya. Jendela kamar pun tidak langsung menghadap pemandangan luar.

Pilihan saya tetap pada Kamar Kayu. Ada sekitar empat kamar Rumah Kayu dengan ukuran sama. Dindingnya dari bata merah, konsep yang tegas dan membuat akomodasi ini terasa dekat dengan alam. Saya mendapat kamar dengan jendela yang menghadap lorong. Sedang kamar di sisi satunya, langsung menghadap kebun. Sayangnya sudah terisi lebih dulu.

Rumah Bata Merah, Batu
Rumah Bata Merah, Batu

Interior Kamar di Rumah Kayu

Kamar di Rumah Bata
Kamar di Rumah Bata

Kamar jenis Rumah Kayu di Bata Merah Villa Batu ini memang tidak luas. Namun langsung bikin nyaman dengan suasana homy-nya. Tempat tidur queen size dibalut dengan sprei dan selimut tebal yang super wangi. Sesuai dengan namanya, sebagian besar dinding di kamar ini terbuat dari kayu, sisanya adalah bata merah yang sudah dirapikan. Cantik sekali.

Kamar ini tidak dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC), namun percayalah, hawanya sudah dingin banget. Ini Batu yang sebenarnya. Dengan harga yang miring itu, eh ternyata kamarnya cukup lengkap, lho. Ada televisi layar datar dengan channel berlangganan. Staycation pun bakalan super nyaman, nih.

Fasilitas Kamar Rumah Bata
Fasilitas Kamar Rumah Bata

Fasiltas Lengkap dengan Harga nggak Bikin Kalap

Lemari di Kamar Rumah Bata
Lemari di Kamar Rumah Bata

Kamar boleh tidak luas, namun fasilitasnya juara. Tak hanya televisi layar datar, Rumah Kayu juga menyediakan lemari untuk menyimpan barang-barangmu. Lengkap dengan hanger untuk menggantung baju-bajumu.

Selain itu, di kamar sudah disediakan teko untuk membuat air panas. Disertai dengan dua cangkir, serta kopi dan teh-nya. Tak ketinggalan, dua botol air mineral yang siap meredakan dahagamu. Lengkap, bukan? Harga boleh in budget, tapi semua kebutuhanmu terpenuhi. Dinginnya Batu di pagi hari pun bisa dihangatkan dengan secangkir kopi.

Kopi di Kamar Bata Merah
Kopi di Kamar Bata Merah

 Sarapan ala Carte di Bata Merah Villa and Tent

Breakfast di Rumah Bata Merah
Breakfast di Rumah Bata Merah

Harga yang tertera untuk menginap semalam di Bata Merah Villa Batu ini ternyata sudah termasuk sarapan, lho. Memang bukan breakfast buffet ala hotel, tapi lumayan banget buat saya yang malas bangun pagi dan ke luar untuk sarapan doang. Dua porsi nasi goreng sayur dan telur mata sapi cantik akan diantar ke kamar sesuai dengan jam yang kamu pilih. Mau bangun siang? Boleh saja.

Untuk yang liburan dan menginap di sini bareng keluarga, bisa sarapan bareng nan seru di ruang tengah yang disediakan. Ada banyak meja dan kursi yang disiapkan. Saya sih jelas mau di kamar saja. Staycation maksimal pokoknya mah.

Ruang Tengah di Rumah Bata Merah
Ruang Tengah di Rumah Bata Merah

Kamar Mandi dengan Hot Shower

Kamar mandi di Rumah Bata Merah
Kamar mandi di Rumah Bata Merah

Seperti standard tempat menginap pada umumnya, Bata Merah Villa Batu pun dilengkapi dengan shower air panas. Untuk kamar dengan harga tersebut, kamar mandi nyaman dengan hot shower stabil cukup langka, lho. Boleh tenang, saya nggak kedinginan karena air panasnya mantap.

Amenities yang disiapkan oleh Bata Merah Villa Batu pun cukup lengkap, lho. Dua sikat gigi sekali pakai, sabun, sampo, bahkan shower cap disediakan di dalam kamar mandi. Dua handuk besar yang bersih dan wangi, dilengkapi dua slipper. Lengkap, bukan?

Amenities di Rumah Bata Merah
Amenities di Rumah Bata Merah

Nuansa di Bata Merah Villa and Tent

Tangga di Rumah Bata Merah
Tangga di Rumah Bata Merah

Buat saya yang sering pengen cari suasana baru dengan staycation, hotel mahal itu ada di urutan terakhir. Kalau ada yang murah dan asyik, kenapa nggak dicoba? Salah satunya ya Bata Merah Villa and Tent ini. Sepanjang menuju villa ini, kamu akan melewati desa di mana hampir setiap rumah penduduknya jualan bunga. Nah, ajak si mamidarlink ke sini pasti seneng banget, deh.

Suasa di akomodasi satu ini juga super nyaman. Serba kayu yang hangat langsung bikin hawa alam semakin kental. Tak hanya itu, ada cukup banyak tanaman hijau di dalamnya. Belum lagi kolam ikan kecil yang gemericik airnya terdengar sepanjang hari. Sungguh menenangkan. Rasanya nggak ingin cepat-cepat pulang.

Kolam ikan kecil di Rumah Makan Batu
Kolam ikan kecil di Rumah Makan Batu

Cafe di Bata Merah Villa

Kafe Restoran di Rumah Bata Merah
Kafe Restoran di Rumah Bata Merah

Tak hanya tempat menginap, di Bata Merah Villa juga memiliki kafe dan resto yang berada di lantai dua. Wah, ternyata pemandangan dari restoran ini langsung bikin jatuh hati. Pegunungan tersaji dengan cantiknya di depan mata. Belum lagi, pepohonan dan sawah yang menambah segar panorama di sekitar.

Cafe ini menyediakan camilan, kopi, hingga makanan berat. Satu lagi alasan mengapa staycation di Bata Merah Villa Batu ini sungguh seru. Jadi tak perlu turun ke Alun-alun Batu lagi hanya untuk cari camilan. Menikmati secangkir kopi panas, berbincang dengan kesayangan, sambil mengagumi lukisan alam di kanan kiri juga sudah lebih dari sekedar menyenangkan.

Kafe di Rumah Bata Merah
Kafe di Rumah Bata Merah

Staycation dengan Rombongan Besar? Why Not!

Pemandangan dari Restoran di Bata Merah
Pemandangan dari Restoran di Bata Merah

Untuk bisa ngopi cantik di cafe dan resto Bata Merah Villa and Tent ini ternyata nggak harus menginap, lho. Boleh saja menjadwalkan nongkrong bareng teman se geng. Pemandangan asri dan menyejukkan mata ini bisa menjadi pilihan saat bosan dengan kafe-kafe keren ala kota. Nggak kalah asyik!

Nggak cuma untuk menyepi, tempat menginap satu ini juga cocok untuk keluarga atau rombongan besar. Punya rencana liburan bareng teman sekantor? Mungkin Bata Merah bisa jadi salah satu pilihan. Siap-siap bangun pagi disambut udara paling sejuk yang bikin nggak ingin pulang.

Pemandangan Sekitar Rumah Bata Merah
Pemandangan Sekitar Rumah Bata Merah

Kejutan Manis di Sisi Villa

Pemandangan dari Resto di Rumah Bata Merah
Pemandangan dari Resto di Rumah Bata Merah

Pagi itu saya benar-benar betah menghabiskan waktu di lantai dua. Sejauh mata memandang, semuanya ijoooo! Seger banget! Anginnya lumayan kenceng, jadi pastikan kamu mengenakan jaket atau baju hangat, ya. Bagi yang datang sambil honeymoon tipis-tipis sih nggak bakalan jadi masalah, ya.

Nah, ini kejutan manis di sisi villa. Saya langsung sumringah dengan senyuman paling lebar waktu sadar, “What? is this rose garden?” Yap, tepat di samping kiri Bata Merah Villa and Tent, kamu akan melihat hamparan luas dari kebun mawar. Sayangnya, nggak bisa turun dan metik sendiri bunganya.

Kebun mawar di samping Rumah Bata Merah
Kebun mawar di samping Rumah Bata Merah

Camping Nyaman

Kamar tenda di Rumah Bata Merah
Kamar tenda di Rumah Bata Merah

Seperti yang saya sebutkan di atas, Bata Merah Villa ini memiliki tiga pilihan kamar. Nah ini yang terakhir, yaitu Rumah Tenda. Ada sekitar enam tenda yang sudah berdiri tegak siap menjadi kamarmu. Tenda ini bisa diisi hingga satu keluarga, yaitu enam orang. Bagi yang ingin coba gimana serunya camping, tapi masih malas dengan semua keterbatasannya, Rumah Tenda ini bisa menjadi solusi pintarnya.

Sudah ada tempat tidur empuk, meja, lengkap dengan teko untuk membuat teh atau kopi panas. Kalau rombongan besar menginap, pegawai akan menyalakan api unggun, lho. Tak perlu khawatir, ada berderet kamar mandi bersih. Jadi nggak perlu antri.

Kalau ditanya, bakalan balik atau nggak? YAAAP. OF COURSE!!

Btw, waktu staycation di sini, bareng dengan dua keluarga beserta anak-anak kecil mereka. Si kecil berlarian di depan kamar hingga tengah malam dan cukup berisik. Namun, setelah laporan ke staf yang jaga, semuanya langsung teratasi tanpa adanya pertumpahan darah. Hahaha.

Sebagai pertimbangan, ini dia keuntungan dan kelebihan dari Rumah Bata Villa and Tent Batu

Oke

  • Murah meriah
  • Pemandangan pegunungan dan sawah
  • Kebun mawar di sisi villa
  • Tidak hanya satu pilihan kamar
  • Ada camping nyaman
  • Sudah dengan sarapan
  • Pelayanan oke banget
  • Air panas stabil
  • Kamar bersih banget dan wangi

Nggak Oke

  • Tidak di pinggir jalan besar
  • Akomodasi di tengah kampung dengan jalan cukup sempit
  • Sarapan hanya satu menu

Nah sekian review lengkap nan jujur setelah merasakan sendiri menginap di Bata Merah Villa and Tent Batu. Apakah kawan yang lain punya homestay atau guest house unik murah meriah yang direkomendasikan? Yuk ngobrol manja di kolom komentar

Batu Merah Villa and Tent
Gunungsari, Bumiaji, Batu City
Telepon: +62 341 5102288
Range: around 300K/night

 

melisalalala.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *