Pacar Capricorn

Udah umur berapa, sih? Omongannya kok masih zodiak? Sangat kekanak-kanakan. Hahaha, we need our childdishness to remain sane. Mau nggak mau, ada satu atau bahkan banyak tingkah laku, sifat, dan ciri-ciri yang memang dipengaruhi bintang yang menjadi simbol di hari lahir kita. But, this is just for fun. Yang punya pacar Capricorn? Are you ready?

Peringatan: Tulisan ini akan panjang. Jelas, karena merupakan rangkuman setahun perjalanan. 

Tulisan suka-suka tapi serius ini adalah sebuah persembahan patah hati. Setelah kurang lebih setahun menjadi pasangan seorang Capricorn, saya jadi paham bagaimana berjalan di sebelahnya, mengerti keputusannya, memahami gerak pikirnya, dan tetap penuh senyum. Lalu kenapa patah hati? Bukan karena tak cinta, tapi semesta nggak merestui, puas? Can we start?

Capricorn Logo
Capricorn Logo (Instagram/anhaadnaad58)

On Time

Sebagai seorang Capricorn dengan sikap pemimpin yang kuat, jangan coba-coba untuk telat. Saya dan partner sering menyempatkan waktu before/after office untuk ketemu. Jadi, telat beberapa menit akan sangat merugikan. Tenang saja, Pacar Capricorn juga anti telat, kok. Jikalau itu pun harus terjadi, dia akan memberi penjelasan sangat masuk akal dan pastikan untuk menerima dan memakluminya. Karena memang itu bukan kebiasannya.

Jangan Lelet

Kalau kamu sering ngobrol sambil makan, mainin makananmu, dan lain-lain, pikirkan lagi kebiasaan yang satu ini. Time is fucking money, apalagi untuk seorang Capricorn. Gunakan waktu makan, hanya untuk makan, meski di kafe yang super nyaman. Dia akan menyediakan waktu dan tempat untuk ngobrol santai, bukan sambil makan. Ini dikarenakan dia mau fokusnya terpusat padamu, ceritamu.

Biasanya, kami akan melanjutkan perjalanan ke kafe dengan kopi enak dan bertukar cerita. Duduk dan saling mendengarkan. Apa saja yang terjadi di kantor, tentang cerita nggak masuk akal yang sedang jadi hot issue di rumah. Ini adalah salah satu cara Capricorn menciptakan quality time. Ngemall? Hahahah, lupakan saja. Wait, ini bisa saja terjadi kalau ingin nonton. But that’s all. Datang beberapa menit sebelum film dimulai, lalu langsung pulang setelah selesai nonton.

Praktis

As a gemini person, duh saya butuh waktu berjam-jam untuk menentukan baju mana yang akan dipakai. Bahkan, mau makan apa pun tidak bisa diputuskan dengan cepat. But hey, I’ve changed after dating a Capricorn.

Praktis menjadi nama tengah seorang Pacar Capricorn. Mau makan? Fungsi makan ya biar kenyang dan bisa melanjutkan aktivitas. Jadi, jangan baru mikir mau makan di mana pas udah di jalan. Ya dia akan mengajakmu makan di tempat terdekat. Atau yang pernah kalian singgahi dan nggak ada keluhan. Mereka sepraktis itu.

Artinya, tidak bisa explore tempat baru? Says who? Kalau ingin mencoba tempat baru, saya akan merencanakan dari jauh waktu. “Can we try this? The place is so cute. And the food looks delicious. Not so far from here.” Jawabannya 100% yes. Begitu pun dengan rencana liburan. Better prepare the itinerary. Atau serahkan semuanya padanya.

Smart

Pada umumnya, Capricorn adalah mahluk yang pintar. Kecerdasannya di atas rata-rata. Itu juga yang bikin dia sangat layak untuk jadi pemimpin. Sudah kodratnya, ia akan jatuh hati dengan perempuan yang juga cerdas. Ciyeeeeh, saya termasuk pintar dong. Hahahaha. First impression dari Kang Mas ini, “Damn, you’re smart.” Somehow, its better to hear than “You’re beautiful.” I’ve just realized it then.

Percakapan dengan seorang Pacar Capricorn akan sangat menguras otak. Namun, tidak akan membuatmu kehabisan napas, coz you’re smart. Bukan tipe yang pintar sendiri, dia akan membawa pasangannya naik level, tidak akan kehabisan kesabaran untuk mengajari hal yang tidak kamu pahami. Just show them that you really want to understand.

Di sisi lain, di akan mendengarkanmu dengan segenap hati. Meski bidang kalian berbeda, ia kan dengan senang hati belajar tentang duniamu, dan pada akhirnya mengerti alasan kamu bisa betah di dalamnya.

Contoh kasus, awalnya Kang Mas bertanya-tanya, “Apa setiap akan makan harus difoto dulu?” Lalu, setelah tahu bahwa itu untuk konten, yang memang dibutuhkan untuk pekerjaan dan blog pribadi, he totally understands. Nggak jarang dia menawarkan bantuan untuk mengambil gambar. Plus, kalau ada informasi yang dia baca berhubungan dengan bidangku, atau bisa digunakan untuk menaikkan skillku, pasti akan dibaginya. He will support you, till die.

Receh

Yang bilang seorang Capricorn itu adalah sosok yang super cool? Benar. But, artinya kamu bukan orang-orang yang ada di lingkaran kecilnya, yang dipercaya, yang membuatnya nyaman. Karena sekali Capricorn merasa nyaman, dia akan menampilkan hal-hal yang kocak, receh, dan membuatmu tak habis pikir. Pasangan yang dipilihnya akan membuatnya nyaman menjadi siapa saja, termasuk si receh.

Tenang saja, obrolan pintar dengan Pacar Capricorn nggak selalu, kok. Dia juga memiliki sisi humoris parah yang hanya akan ditunjukkan pada orang-orang tertentu. Kamu, harusnya menjadi salah satu dari orang-orang itu.

Salah satu momen yang akan membuat kerecehan Kang Mas muncul adalah saat daily call dan perjalanan.  Perjalanan berjam-jam, atau di tengah kemacetan, orang sepintar apapun tetap butuh santai dan tawa-tiwi. Bercanda tentang musik yang sedang kita dengar, atau vampir yang mungkin berloncatan di pepohonan hutan yang sedang kita lewati.

Naked

Wait, this is not like what you’re thinking. Naked di sini artinya menjadi transparan. Komunikasi akan menjadi senjata utama perjalanan seorang Pacar Capricorn dan pasangannya. Obrolan-obrolan panjang berjam-jam itu, jangan dikira akan dilupakan begitu saja. He will remember it, every story, every person, everything. Baju yang baru, sepatu asing akan dengan cepat dikenalinya. Apalagi cerita-cerita yang sengaja disembunyikan. Jangan cari penyakit.

Jangan salah, ini juga bisa menjadi salah satu sisi positif dari seorang Pacar Capricorn, lho. Jika sedikit saja sikapmu berubah, dia akan langsung menangkapnya. Jadi, nggak perlu sok-sokan lempar kode. Si dia sudah langsung paham, kok. Yess, he is a detailed person. Seru, kan?

Sesimple mimik wajah yang berubah setelah seruputan yang pertama, Kang Mas akan langsung tahu, “Oh you don’t like the coffee. Its okay, we can move to another cafe or go home.”

Be a Princess

Memanjakan pasangannya sudah mengalir dalam darah seorang Pacar Capricorn. Menelpon setiap pagi sebelum memulai hari, menjemput dari kantor, liburan berdua. Apapun. Bukan untuk mengambil hati, aktivitas memanjakan ini dianggap hal yang sudah seharusnya dilakukan. Semacam makan, untuk kenyang, untuk hidup. Kamu tak perlu mempertanyakannya karena termasuk aktivitas pada umumnya.

Morning call atau “Good morning, sayang” text dari Kang Mas menjadi sapaan setiap hari. Bosen? Anehnya, nggak. Mungkin akan sedikit terganggu karena telepon-telepon di jam kerja. Tapi, itu juga menjadi tanda bahwa sesering itu wajah saya muncul di pikirannya.

Tenang saja, seorang Pacar Capricorn akan menenangkanmu dengan kabar setiap harinya, meski di hari tersibuknya. Say hello or “I Miss You” text tidak akan mengganggu pekerjaannya, kok. So, nikmati saja rasanya jadi princess dan dimanjakan. Manis banget, kan?

Mandiri

Lho, katanya akan dimanjakan? Kok harus mandiri?

Like I said, memanjakan dalam kamus Pacar Capricorn itu bukan keistimewaan, tapi sudah seharusnya dilakukan. Nah, kalau suatu saat ia sedang berhalangan dan tidak bisa menelpon, menjemput, ya sudah. Bukan hal yang harus dipermasalahkan. Tenang saja, kealpaannya pasti hadir dengan alasan, kok.

Karenanya seorang princess dari pangeran Capricorn tetap harus bisa melakukan semuanya sendiri. Ia akan dengan senang hati memanjakan. Dan tetap tenang kala sedang berhalangan karena tahu bahwa his princess is okay doing it alone.

Forgeting About Being a Drama Queen

Kalau drama jadi nama tengahmu, hati-hati saja. Capricorn tidak akan meladeni, apalagi terbawa drama yang sedang dimainkan. Semua masalah bisa dibicarakan, dengan kepala dingin, tanpa teriakan, atau lemparan bantal. We are adult, aren’t we?, he said. Pacar Capricorn percaya bahwa ia memilih perempuan cerdas sebagai partnernya. Sudah pasti, drama tidak akan ada di antaranya.

Berantem sama Kang Mas? Jelas pernah. Dari yang cuma diem-dieman di mobil, sampai yang teriak-teriak. Ya jelas, teriakannya berasal dari saya, geminian yang mustahil legawa menerima kata tidak, atau hal yang tak sesuai dengan rencananya. Kang Mas selalu berhasil mempertahankan posisinya dengan cara kalem. Mau nggak mau, drama gemini pun harus tamat.

Percaya

Nggak harus Pacar Capricorn, sih. Menjalin komitmen dengan siapapun, dasar paling bawah dan mutlak adalah percaya. But, yang satu ini seperti punya keistimewaan. Kamu bisa dengan tenang menjadi transparan, dan dipercaya. Begitu pun, dengannya. Rahasia-rahasia kecil, pada akhirnya terbuka. Dan malah membuat hubungan makin kuat. Klise? Sayangnya, memang begitu adanya.

Saya dan Kang Mas ada di dalam hubungan di mana kami tetap tenang saat handphone dipegang pasangan. Bukan, bukan karena tidak menyembunyikan apapun, justru karena tidak akan ada yang diam-diam membuka dan memeriksa isinya. It’s a privacy, isn’t it?

Sudah siap nggak tergoda untuk buka-buka handphone pasangan? Good.

Pacar Capricorn
Pacar Capricorn

Well, itu tadi 10 hal yang harus dilakukan jika nekad menjalin hubungan dengan seorang Capricorn. Cocok nggak sama Gemini? Ya, dicocok-cocokin. Cocok itu dibangun, bukan turun dari langit.

Again, sifat Pacar Capricorn pada tulisan ini bukan untuk acuan seluruh Capricorn yang ada di jagad raya. Ini ditulis berdasarkan pengalaman setahun berjalan, bertengkar, tertawa, dan menangis bersama dengan Kang Mas yang Capricorn. Namun, semoga ada beberapa hal positif yang bisa diambil dari tulisan super panjang yang cenderung unfaedah ini.

Untuk Kang Mas, terima kasih perjalanan super serunya. Lebih dari cukup rasa syukur. Dipertemukan denganmu, sedikit banyak membentuk diri yang sekarang. Meski sombongnya tetap, inshaAllah bisa makin pintar, terus berkembang, makin lihai menempatkan diri, menghargai waktu dan orang lain. Terakhir dan terpenting, tetap di jalan-Nya.

Thank you and I love you, always.
My pray is always with you.

4 thoughts on “Punya Pacar Capricorn? Ini 10 Hal yang Harus Dilakukan Agar Hubungan Adem dan Damai Sentosa”

    1. Haloooo, gimana gimana? Cocok nggak? Hahahah im okay. Sedih, tapi alhamdulillah sudah pernah melewati hari-hari bahagia meski hanya sementara. Terima kasih doanya. Yang terbaik juga untuk kamu, ya. 🙂

  1. Haihai salam kenal. Suamiku Capricorn, dan kami sudah menikah 34 tahun and still counting. InsyaAllah…
    Satu lagi…Capricorn itu perfeksionis. Haha…
    Nyusahin diri sendiri sih sebetulnya.
    Semoga langgeng yah kalian…

    1. Halooo, Mba. Waaa sudah melewati masa perak ya. Iya bener, perfeksionis. Terima kasih doanya mba. Tp ini tulisan patah hati. Huhuw.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *