Selain Jatim Park 3, Ini Wisata Keren Saat Liburan di Kota Batu

Jawa Timur selalu menjadi rumah yang ramah. Apa yang tidak ada di provinsi ini? Wisata alam? Ada Bromo dengan gagahnya bisa membuatmu langsung jatuh hati sejak pandangan pertama. Wisata buatan? Ada Batu yang tidak akan membuatmu kehabisan destinasi. Seminggu liburan di Kota Batu? Hahahaha. Kurang banget!! Beruntung saya lahir dan besar di Jawa Timur. Sekolah, kuliah, dan sekarang kerja, nggak jauh-jauh. Nah, bagi kamu-kamu yang punya rencana datang ke Kota Apel, saya punya beberapa tempat yang oke untuk dikunjungi. Selain Jatim Park 3 yang hits itu, harus ke mana lagi, sih? Ini dia daftarnya.

Jatim Park 3

Tetep, Jatim Park 3 harus ada dalam deretan wisata yang wajib dikunjungi di Kota Batu. Agak mahal, memang. Namun, kamu tidak akan dibuat kecewa dari pertama melangkahkan kaki masuk ke wisata buatan paling hits di 2018 ini. Bagi keluarga, Dino Park jadi wahana wajib. Anak-anak pasti seneng, tapi yang dewasa juga akan terhibur kok. Yap, saking kerennya.

Jatim Park 3, Amsterdam
Jatim Park 3, Amsterdam

Nah, bagi yang berpasangan, boleh coba wahana lain. The Legend Star tetap menjadi favorit, khususnya untuk kamu yang doyan banget foto. Ada patung-patung idola, seperti David Beckham, sampai Einstein. Paling menarik adalah deretan miniatur negara lain, lengkap dengan ikonnya. Langsung berasa seperti liburan di luar negeri.

Jatim Park 3, Miniatur Majapahit
Jatim Park 3, Miniatur Majapahit

Terbaru, ada angkutan gratis agar pengunjung bisa keliling taman-taman bermain Jatim Park, seperti Museum Angkut, Musem Tubuh, Batu Night Spectacular, dan lain-lain. Selain hemat biaya dan tenaga, angkutan gratis ini juga bisa mengurangi kemacetan. Asyik, kan? Nah ini rute angkutan gratis dan harga tiket Jatim Park 2018 terbaru, ya.

TERMINAL PUSAT            : JATIM PARK 3
JAM OPERASIONAL         : 10:00 – 21:00 WIB

RUTE 1 : Jatim Park 3 – Jatim Park 1 & Museum Tubuh – Museum angkut
RUTE 2 : Jatim Park 3 – Predator Fun Park –  Batu Night Spectacular – Jatim Park 2.

Harga Tiket Jatim Park 2018 Terbaru
Harga Tiket Jatim Park 2018 Terbaru via Jatimpark

Coban Rais

Selanjutnya, ada Coban Rais yang juga seru dikunjungi saat liburan di Kota Batu. Khususnya bagi kamu yang suka banget dengan wisata alam. Pemandangan hijau memang nggak pernah gagal menyejukkan mata. Apalagi setelah semingguan dihajar pekerjaan, ya. Coban Rais adalah salah satu air terjun yang sudah dilengkapi dengan lahan untuk perkemahan, kafe di tengah hutan, dan lain-lain.

Spot Love di Batu Flower Garden
Spot Love di Batu Flower Garden

Paling hits dan langsung menarik perhatian adalah Batu Flower Garden. Bukan kebun bunga biasa, namun lahan penuh kembang satu ini berada di ketinggian dan dikelilingi pemandangan yang bikin melongo. Nggak cuma bisa dinikmati mata, Batu Flower Garden juga dilengkapi dengan puluhan spot foto instagenic. Dari hammock, sepeda terbang, hingga ayunan angkasa yang langsung membangkitkan jiwa narsismu.

Spot ayunan di Batu FLower Garden
Spot ayunan di Batu FLower Garden

Tiket masuk Batu Flower Garden nggak mahal, hanya Rp25 ribu per orang, sudah sekalian gratis foto di spot Love dan Bunga-bunga. Hanya saja, masih ada banyak wahana atau spot keren di sini. Dan kamu harus bayar lagi sekitar Rp10 ribu – Rp25 ribu per wahana untuk foto. Tenang saja, wisata ini sudah menyiapkan fotografer yang akan menangkap posemu. Kamu juga mendapat 1 file gratis per wahana. Kalau mau lebih, dikenakan harga 5000 lagi per file.

Harga Tiket Masuk Batu Flower Garden
Harga Tiket Masuk Batu Flower Garden

Coban Rondo

Coban Rondo juga tak boleh ketinggalan. Air terjun satu ini juga harus masuk daftar wisata alam yang wajib disambangi saat liburan di Kota Batu. Wisata ini sangat nyaman dikunjungi siapa saja. Jarak dari tempat parkir ke air terjun tidak jauh dan sudah disediakan jalurnya. Banyak toko souvenir dan warung makan, sehingga tidak perlu bingung jika membutuhkan sesuatu.

Labirin, Coban Rondo
Labirin, Coban Rondo

Selain itu, Coban Rondo juga menyediakan banyak tempat wisata lain di kawasannya sehingga pengunjung yang datang tidak akan bosan. Ada labirin yang menantang untuk ditaklukkan, juga instagenic sebagai latar belakang fotomu. Tak ketinggalan kafe Dancok yang menawarkan secangkir kopi atau susu hangat murah meriah, dengan pemandangan sekitar yang aduhai indahnya. Bohong kalau kamu nggak betah.

Kopi di Kafe Dancok, Coban Rondo
Kopi di Kafe Dancok, Coban Rondo

Desa Bunga

Bagi yang liburan ke Kota Batu bareng mama tersayang, boleh banget nih diajak ke Pasar Bunga. Ini juga salah satu destinasi yang saya datangi ketika membawa mamidarlink jalan-jalan. Beliau langsung sumringah ketika diajak ke desa dengan pasar bunga di kanan kiri.

Desa Bunga Sidomulyo
Desa Bunga Sidomulyo

Namanya adalah Desa Bunga Sidomulyo. Bisa ditempuh dengan kendaraan hanya 10 menitan dari Alun-alun Batu. Hampir setiap rumah di sini membuka toko bunga. Makin betah karena harganya super murah. Mamidarlink sukses borong kembang sampai bagasi jadi kebun dadakan. Tenang, kolektor bunga anggrek juga wajib datang ke Batu. Ada banyak toko grosir Anggrek yang bikin khilaf.

Toko Anggrek di Batu
Toko Anggrek di Batu

Coba Ketan Duren Legendaris

Liburan jelas kurang lengkap tanpa mencicipi kuliner setempat. Kalau liburan di Kota Batu, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencoba Ketan Duren. Ada banyak lokasi yang menjual jajanan satu ini, tapi paling hits adalah Ketan Duren Legenda yang stand-nya ada di Alun-alun Batu.

Ketan Duren Legenda di Batu
Ketan Duren Legenda di Batu

Camilan ini cocok banget disantap setelah puas keliling kota. Ketannya yang hangat langsung menyapa tenggorokan dengan ramah. Sedang durennya, menyentuh lidah dengan penuh rasa istimewa. Jangan khawatir, ada banyak pilihan rasa lainnya kalau durian bukanlah buah favoritmu. Jangan lupa untuk memesan susu segar hangat sebagai minumanmu. Batu adalah salah satu penghasil susu segar terbaik, lho.

Makan Sate Kelinci

Kamu doyan makan sate? Nah, wajib mencoba sate kelinci. Daging kelinci konon bisa memberikan rasa hangat pada penyantapnya. Makanya makanan satu ini menjadi salah satu kuliner khas di Kota Batu yang terkenal berhawa sejuk. Ada banyak lokasi yang menyediakan sajian ini. Kamu bisa naik terus hingga kawasan puncak yang dikenal dengan nama Payung. Hampir setiap kedai di sepanjangnya menyediakan menu ini.

Sate Kelinci di Batu
Sate Kelinci di Batu

Ada juga restoran khusus Sate Kelinci di jalan utama menuju Malang kota. Sate Kelinci di sini disajikan di atas hotplate sehingga panasnya terjaga. Seporsinya dibanderol dengan harga kisaran Rp30 ribu, mendapat 10 tusuk sate kelinci yang empuk, lengkap dengan saus kacangnya. Ditemani dengan es jeruk manis, wah mantap.

Ternyata selain Jatim Park 3, ada banyak juga tempat keren dan hal asyik yang bisa dilakukan selama liburan di Kota Batu. Deretan destinasi di atas bisa kamu contek untuk itinerary liburan akhir tahun teman-teman. Jadi tahu kan kenapa saya bersyukur lahir sebagai cah Jawa Timur?

Nah, bagi yang liburan di Kota Batu bareng keluarga, bisa memilih Villa Jambuluwuk sebagai akomodasi. Villa ini memiliki ruangan luas, dilengkapi dengan tiga atau empat kamar tidur. Fasilitas yang disediakan pun oke punya, lho. Liburan pun jadi nyaman dan berkesan.

So, melisalalala mengucapkan selamat berlibur. Bagi-bagi dong pengalaman liburanmu di kolom komentar. Siapa tahu, itinerary-nya bisa saya contek :p

 

6 thoughts on “Selain Jatim Park 3, Apa Saja yang Seru Dikunjungi Saat Liburan di Kota Batu? Ini Daftarnya”

    1. Benar, Bunda Biya. Setelah kuliah di Malang, alhamdulillah kerjanya juga dapat rejekinya di Malang. Pulang kampung pun nggak jauh. Meski sudah mulai macet, tapi tetap cintaa.<3

    1. Hai Mba Titis. Yuk, main ke Malang dan Batu. Jatim Park baguss. Apalagi untuk keluarga. Dari Jatim Park 1, Museum Angkut, dan yang paling baru Dino Park di Jatim Park 3. Nggak cukup rasanya kalau cuma weekend, deh.

  1. aku blom pernah mampir ke jatim park 3 euy, terakhir ke batu baru ada sampai jatim park 2 aja. tapi seru2 juga liat foto2nya buat short getaway. pengen juga kesana kalo misalnya ada waktu buat liburan, apalagi disitu kayanya masih ada simbol i amsterdam. mayan ikutan foto mumpung yang aslinya dicopot di amsterdam sana. 😛

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *