Gimana kabar #WorkingFromHome-nya? Gimana kabar kejiwaan setelah lama terkurung di rumah saja? Saya? Udah jauh lebih baik, sih. Manusia sungguh punya tingkat adaptasi yang luar biasa. Meskipun tingkatnya berbeda-beda, pada umumnya setiap orang akan berusaha menyesuaikan. Makanya sudah ada sekolah online, pada belajar skill baru. Saya jadi punya hobi baru, ngurus tanaman. Kalau bosen nggak tertolong, bisa staycation, kok. Tenang, ada beberapa tips staycation saat pandemi.

Yang lebih seru, sekarang lagi banyak hotel yang sale dan banting harga jauh lebih murah. Bisa banget jadi penyegaran namun nggak meninggalkan kewaspadaan agar tetap aman. Sudah siap? Catat dan praktekkan, ya.

1. Pilih Hotel dengan Cermat

Pembersihan hotel dengan disinfektan
Pembersihan hotel dengan disinfektan (Photo by Clay Banks on Unsplash)

Tips staycation saat pandemi yang pertama adalah cermat memilih hotel. Coba cek tentang ini:

  • Apakah mereka meningkatkan standar kebersihan semua ruangannya?
  • Apakah mereka memberlakukan protokol-protokol baru? Seperti pengecekan suhu tamu dan staff.
  • Apakah mereka secara rutin membersihkan kamar-kamar dengan disinfektan?

Kamu bisa cek di sosial media atau bahkan menghubungi langsung pihak hotel untuk menanyakan hal-hal di atas. Cara lain yang bisa dilakukan adalah membaca review tentang hotel pilihanmu di Google atau Tripadvisor.

2. Pembayaran Digital dan Check-In Starter Pack

Piih pembayaran digital
Piih pembayaran digital (Photo by Stephen Phillips – Hostreviews.co.uk on Unsplash)

Saya yakin, hampir semua orang sudah menggunakan pembayaran digital. Juga melakukan pemesanan lewat OTA atau website resmi hotel. Kalau belum, usahakan agar melakukan pembayaran cahsless, ya.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah proses check in. Kamu pasti akan diminta menunjukkan ID Card. Nah, siapkan kantong khusus untuk kartu ini. Agar terpisah dari barang-barangmu lainnya yang steril alias nggak terpegang oleh orang selain kamu.

3. Bawa Sendiri Kopermu

Bawa kopermu sendiri
Bawa kopermu sendiri (unsplash)

Salah satu tujuan staycation memang menikmati segala pelayanan yang memanjakan. Namun di saat seperti ini, lebih baik melakukan semuanya sendiri. Termasuk membawa koper atau tas ke kamarmu. Dengan ini, kamu meminimalisir orang lain menyentuh barang-barangmu.

4. Room Service Aja!!

Room Service, sarapan di kamar aja!
Room Service, sarapan di kamar aja! (unsplash)

Momen apa yang paling ditunggu saat staycation? Breakfast with buffet!! Ya, kan? Ngaku!! Rasanya bisa menikmati beragam varian makanan dan boleh makan sepuasnya itu memang sangat menyenangkan! Meskipun seringnya malah bingung, tapi mata sudah pasti dijamin juga ikutan kenyang!

Namun di kondisi sepertinya, memang harus sedikit berbeda. Tips staycation saat pandemi selanjutnya adalah pakai room service saja! Kamu bisa pesan makan sesuai selera dan minta diantar ke kamar. Untuk lebih amannya lagi, minta untuk meninggalkan makanan di depan kamar.

5. Jangan Hanya Menginap Semalam

Golden Tulip Surabaya
Golden Tulip Surabaya

Usahakan nggak menginap hanya semalam, ya. Lebih baik sekalian ambil paket satu minggu, dua minggu atau sebulan. Hotel yang nggak menerima tamu semalam saja justru lebih baik. Artinya mereka menjaga sirkulasi tamu agar tetap kecil.

Bawa saja perkerjaanmu, juga buku kesayanganmu saat staycation. Kamu juga bisa mempraktekkan #Workfromhotel. Kalau begini, jangan lupa cek fasilitas wifi hotel, ya.

6. Request Make Up Room  Lengkap

Make Up Room Setiap Hari
Make Up Room Setiap Hari

Biasanya kamar dibersihkan setiap hari atau setiap pergantian tamu. Meski kamu menginap selama seminggu atau sebulan, kamar harus rutin dibersihkan.

Tips staycation saat pandemi lainnya adalah request pembersihan kamar yang menyeluruh. Jangan lupa untuk meminta sprei, selimut, sarung bantal yang baru.

7. Jaga Tangan

Facilities at bathroom
Facilities at bathroom

Tips staycation saat pandemi yang nggak kalah penting adalah jaga tangan. Hindari menyentuh segala permukaan, ya. Sofa di dalam kamar, meja, hairdryer, bahkan remote tv sebelum membersihkannya dengan disinfektan.

Kamu bisa menyiapkan lap atau tisu disinfektan sendiri dan membersihkan seluruh permukaan barang-barang yang mungkin akan sering tersentuh tanganmu.

8. Tes Kesehatan Setelah Staycation

Covid Test Surabaya
Covid Test Surabaya

Setelah staycation, nggak ada salahnya untuk cek kesehatan. Nggak mau kan pulang ke rumah bawa virus? Rapid test sudah bisa dilakukan di banyak tempat. Kalau kamu ada di Surabaya, atau pulang kampung ke Kota Pahlawan ini, bisa Covid Test Surabaya dari Halodoc dengan harga Rp295.000 saja.

Sudah tahu tentang Halodoc? Ini merupakan aplikasi kesehatan yang memudahkan banget, khususnya di tengah pandemi seperti sekarang. Saya sempat merasa pendengaran sedikit terganggu, namun ke dokter juga nggak boleh. Setelah konsultasi dengan dokter-dokter ramah di Halodoc, langsung dapat resep. Obatnya pun langsung diantar ke rumah. Serunya lagi, kamu bisa memesan ulang obat dari resep yang sama, lho.

Nggak pakai bingung, karena setiap obat dijelaskan secara rinci. Dari kandungan, fungsi, sampai anjuran pemakaian. Dokternya pun lengkap, dari dokter umum, hingga ke spesialis. Di mana lagi konsultasi dokter murah kebangetan?

Kita nggak pernah tahu, pandemi ini akan ada sampai kapan. Yang bisa kita lakukan adalah waspada dan menjaga diri dengan baik. Meski harus berkegiatan di luar rumah, pastikan mempraktekkan protokol agar aman. Untuk perlindungan dan kepastian lebih baik, bisa langsung covid test Surabaya, atau di kotamu.

Stay safe, all.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *